Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula - Microsoft excel atau lebih dikenal dengan ms excel yakni paket aplikasi microsoft office besutan microsoft yang dipakai untuk keperluan pengolahan data dalam bentuk perhitungan, dengan memakai ms excel segala proses yang berkaitan dengan perhitungan tidak perlu lagi memakai alat menolong hitung menyerupai contohnya kalkulator atau sejenisnya, cukup dengan memakai ms excel proses-proses perhitungan akan praktis untuk diproses, alasannya yakni ms excel sudah dilengkapi dengan akomodasi mesin penghitung canggih didalamnya, sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan perhitungan kompleks sekalipun akan praktis untuk diproses, yang terang untuk melakukannya kita harus memahami terlebih lampau bagaimana cara menginstruksikan ms excel lebih jauh.
#1. Cell
#2. Range
#3. Block atau seleksi
#4. Drag atau tarik
Berikut penjelasannya:
1. Cell, Apa itu Cell ?, cell yakni setiap satu kotak yang membentuk table( ingat spesialuntuk satu kotak ya), Perlu kita tahu bahwa area kerja microsoft excel yakni table, dan harus diingat yang namanya table, niscaya terdiri dari baris dan kolom, pertemuan baris dan kolom akan membentuk kotak-kotak horizontal dan kotak vertikel, setiap satu kotak lebih dikenal dengan istilah cell, dan kumpulan dari kotak-kotak tersebut kita mengenalnya dengan nama table, anda niscaya tau bentuk table bukan, ya table terdiri dari baris dan kolom, kolom yakni yang berjejer ke samping dari kiri kenanan, sedangkan baris yakni yang berjejer ke bawah dari atas ke bawah, diberikut gambaran table ms excell:
Bisa kita lihat pada gambaran gambar diatas, kolom yakni yang berjajar dari kiri kekanan, kepala kolom biasanya mempunyai label A, B, C dan seterusnya, sedangkan baris yakni yang berjajar dari atas kebawah, kepala baris biasanya mempunyai label 1, 2, 3 dan seterusnya, dan yang disebut dengan Cell yakni setiap satu kotak pertemuan antara kolom dan baris, nama cell secara otomatis biasanya mewakili kolom dan barisnya, kolomnya apa dan barisnya baris berapa, itu akan menjadi nama cell secara otomatis, coba lihat gambaran gambar diatas, saya kasih teladan cell dengan nama cell C3, artinya cell kolom C baris ke 3, begitu juga untuk cell-cell lainnya.
2. Range, Apa itu Range ? range atau sanggup disebut jangkauan, yakni kumpulan dari cell-cell yang terdapat di ms excell yang berkelompok, kumpulan cell itu berarti lebih dari satu cell atau kotak ya, range juga secara otomatis mempunyai nama, nama range, biasanya nama cell yang letak dan posisinya paling pojok kiri atas digabung dengan nama cell yang letak dan posisinya paling bawah atau di pojok kanan bawah, serta didiberi tanda pemisah titik dua, diberikut gambaran teladan range:
Coba lihat gambar diatas, yang saya diberi kotak itu yakni teladan dari range, harus diingat nama range yakni adonan nama cell-cell yang dipisahkan oleh titik dua ":", yang letak dan posisinya pojok kiri atas dengan pojok kanan bawa sepeti kotak warna merah (bisa disebut dengan nama range B2:C8), atau cell-cell yang letak dan posisinya paling atas dengan yang letak dan posisinya paling bawah menyerupai diperlihatkan pada kotak warna biru (bisa kita sebut dengan range D2:C7), atau cell yang letak dan posisinya paling kiri dengan cell yang letak dan posisinya paling kanan, menyerupai diperlihatkan oleh kotak warna hojau (bisa kita sebut dengan range A9:C9), dan nama range selalu dipisahkan dengan titik dua ":". nama range wajib anda ketahui alasannya yakni untuk proses perhitungan, dan formula atau rumus perhitungan range selalu dilibatkan.
3. Block atau menentukan atau menyeleksi, istilah blok atau seleksi yakni istilah bukan spesialuntuk di ms excel saja, istilah ini bahkan dikenal untuk istilah dikomputer untuk aplikasi lainnya, didalam ms excel, block yakni menentukan cell-cell dalam ms excel dengan memakai mouse biar cell-cell tersebut menjadi terseleksi, atau terpilih, caranya klik pada cell kemudian tanpa dilepas, kita geser kekiri atau kebawah, sesuai dengan cell-cell yang ingin kita pilih, block sangat penting penerapannya untuk mendbuntutasi tampilan hasil kerja dalam ms excel.
4. Drag atau Gusur atau Seret, harus kita bedakan antara block atau seleksi dengan drag atau gusur atau seret, tujuan blok yakni untuk menentukan cell-cell biar diseleksi atau disorot, sedangkan drag atau seret tujuannya yakni untuk menduplikasi isi suatu cell, atau menduplikasi formula atau rumus perhitungan yang terdapat dalam suatu cell yang kita seret, meskipun block dan drag sama-sama memakai mouse, namum cara keduanya tidak sama, dikala kita ingin melaksanakan drag atau seret, maka mouse terlebih lampau harus di arahkan pada titik kotak kecil pada cell atau range yang kita block sebelumnya, ilustrasinya menyerupai terlihat pada gambar dibawah ini:
Kita lihat gambaran pada gambar diatas, untuk menyeret maka terlebih lampau mouse harus diletakan sempurna di titik kotak kecil hitam yang letak dan posisinya di pojok kanan bawah, menyerupai terlihat pada gambar diatas, kemudian klik dan tahan kemudian di drag ke bawah, kiri, kanan atau atas, sesuai kemana isi cell tersebut ingin kita duplikasi, ingat dengan melaksanakan drag berarti kita akan menduplikasi isi cell atau formula yang terdapat pada cell yang kita drag tersebut, jikalau dalam cell tersebut terdapat formula, maka yang di duplikasi atau dikopi yakni formulanya, jikalau tidak terdapat rumus atau formula, maka yang diduplikasi yakni isi cellnya,
Lihat gambar diatas, jikalau cell B3 menyerupai terlihat pada gambar, yang bertuliskan kata "Aku" kita tarik atau drag ke bawah hingga dengan cell B10, maka isi cell dengan goresan pena "aku" akan diduplikasi dari cell B3 hingga dengan cell B10 secara otomatis, akan terlihat menyerupai gambar dibawah ini:
Jika kita berhasil akan nampak menyerupai gambar diatas, isi cell yang bertulisakan saya yang pada walnya terletak spesialuntuk pada Cell B3, kini menjadi terkopi atau diduplikasi hingga dengan cell B10 secara otomatis dan cepat. harus terus diingat metode drag atau tarik, akan sering dipake dikala kita diberinteraksi dengan ms excel, tujuannya yakni mempercepat pekerjaan, sehingga ms excel benar-benar menjadi solusi yang efektif untuk memmenolong pekerjaan yang kita inginkan.
Istilah istilah diatas yakni istilah yang sangat penting sekali yang harus anda pahami, dan istilah diatas yakni yang akan sering kita libatkan dan gunakan dalam diberinteraksi dengan ms excel,
Demikian artikel sederhana yang sanggup saya share wacana Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula, semoga bermanfaa.
Istilah Dasar Ms Excel yang harus dipahami?
Sebelum diberinteraksi dengan microsoft excel lebih dalam, ada beberapa istilah yang benar-benar harus kita pahami dan harus selalu kita ingat, istilah-istilah tersebut akan sering kita gunakan dalam proses perhitungan dengan memakai microsoft excel. diberikut beberapa istilah penting yang harus dipahami sebelum kita diberinteraksi dengan microsoft excel:
#1. Cell
#2. Range
#3. Block atau seleksi
#4. Drag atau tarik
Berikut penjelasannya:
1. Cell, Apa itu Cell ?, cell yakni setiap satu kotak yang membentuk table( ingat spesialuntuk satu kotak ya), Perlu kita tahu bahwa area kerja microsoft excel yakni table, dan harus diingat yang namanya table, niscaya terdiri dari baris dan kolom, pertemuan baris dan kolom akan membentuk kotak-kotak horizontal dan kotak vertikel, setiap satu kotak lebih dikenal dengan istilah cell, dan kumpulan dari kotak-kotak tersebut kita mengenalnya dengan nama table, anda niscaya tau bentuk table bukan, ya table terdiri dari baris dan kolom, kolom yakni yang berjejer ke samping dari kiri kenanan, sedangkan baris yakni yang berjejer ke bawah dari atas ke bawah, diberikut gambaran table ms excell:
Bisa kita lihat pada gambaran gambar diatas, kolom yakni yang berjajar dari kiri kekanan, kepala kolom biasanya mempunyai label A, B, C dan seterusnya, sedangkan baris yakni yang berjajar dari atas kebawah, kepala baris biasanya mempunyai label 1, 2, 3 dan seterusnya, dan yang disebut dengan Cell yakni setiap satu kotak pertemuan antara kolom dan baris, nama cell secara otomatis biasanya mewakili kolom dan barisnya, kolomnya apa dan barisnya baris berapa, itu akan menjadi nama cell secara otomatis, coba lihat gambaran gambar diatas, saya kasih teladan cell dengan nama cell C3, artinya cell kolom C baris ke 3, begitu juga untuk cell-cell lainnya.
2. Range, Apa itu Range ? range atau sanggup disebut jangkauan, yakni kumpulan dari cell-cell yang terdapat di ms excell yang berkelompok, kumpulan cell itu berarti lebih dari satu cell atau kotak ya, range juga secara otomatis mempunyai nama, nama range, biasanya nama cell yang letak dan posisinya paling pojok kiri atas digabung dengan nama cell yang letak dan posisinya paling bawah atau di pojok kanan bawah, serta didiberi tanda pemisah titik dua, diberikut gambaran teladan range:
Coba lihat gambar diatas, yang saya diberi kotak itu yakni teladan dari range, harus diingat nama range yakni adonan nama cell-cell yang dipisahkan oleh titik dua ":", yang letak dan posisinya pojok kiri atas dengan pojok kanan bawa sepeti kotak warna merah (bisa disebut dengan nama range B2:C8), atau cell-cell yang letak dan posisinya paling atas dengan yang letak dan posisinya paling bawah menyerupai diperlihatkan pada kotak warna biru (bisa kita sebut dengan range D2:C7), atau cell yang letak dan posisinya paling kiri dengan cell yang letak dan posisinya paling kanan, menyerupai diperlihatkan oleh kotak warna hojau (bisa kita sebut dengan range A9:C9), dan nama range selalu dipisahkan dengan titik dua ":". nama range wajib anda ketahui alasannya yakni untuk proses perhitungan, dan formula atau rumus perhitungan range selalu dilibatkan.
3. Block atau menentukan atau menyeleksi, istilah blok atau seleksi yakni istilah bukan spesialuntuk di ms excel saja, istilah ini bahkan dikenal untuk istilah dikomputer untuk aplikasi lainnya, didalam ms excel, block yakni menentukan cell-cell dalam ms excel dengan memakai mouse biar cell-cell tersebut menjadi terseleksi, atau terpilih, caranya klik pada cell kemudian tanpa dilepas, kita geser kekiri atau kebawah, sesuai dengan cell-cell yang ingin kita pilih, block sangat penting penerapannya untuk mendbuntutasi tampilan hasil kerja dalam ms excel.
4. Drag atau Gusur atau Seret, harus kita bedakan antara block atau seleksi dengan drag atau gusur atau seret, tujuan blok yakni untuk menentukan cell-cell biar diseleksi atau disorot, sedangkan drag atau seret tujuannya yakni untuk menduplikasi isi suatu cell, atau menduplikasi formula atau rumus perhitungan yang terdapat dalam suatu cell yang kita seret, meskipun block dan drag sama-sama memakai mouse, namum cara keduanya tidak sama, dikala kita ingin melaksanakan drag atau seret, maka mouse terlebih lampau harus di arahkan pada titik kotak kecil pada cell atau range yang kita block sebelumnya, ilustrasinya menyerupai terlihat pada gambar dibawah ini:
Kita lihat gambaran pada gambar diatas, untuk menyeret maka terlebih lampau mouse harus diletakan sempurna di titik kotak kecil hitam yang letak dan posisinya di pojok kanan bawah, menyerupai terlihat pada gambar diatas, kemudian klik dan tahan kemudian di drag ke bawah, kiri, kanan atau atas, sesuai kemana isi cell tersebut ingin kita duplikasi, ingat dengan melaksanakan drag berarti kita akan menduplikasi isi cell atau formula yang terdapat pada cell yang kita drag tersebut, jikalau dalam cell tersebut terdapat formula, maka yang di duplikasi atau dikopi yakni formulanya, jikalau tidak terdapat rumus atau formula, maka yang diduplikasi yakni isi cellnya,
Lihat gambar diatas, jikalau cell B3 menyerupai terlihat pada gambar, yang bertuliskan kata "Aku" kita tarik atau drag ke bawah hingga dengan cell B10, maka isi cell dengan goresan pena "aku" akan diduplikasi dari cell B3 hingga dengan cell B10 secara otomatis, akan terlihat menyerupai gambar dibawah ini:
Jika kita berhasil akan nampak menyerupai gambar diatas, isi cell yang bertulisakan saya yang pada walnya terletak spesialuntuk pada Cell B3, kini menjadi terkopi atau diduplikasi hingga dengan cell B10 secara otomatis dan cepat. harus terus diingat metode drag atau tarik, akan sering dipake dikala kita diberinteraksi dengan ms excel, tujuannya yakni mempercepat pekerjaan, sehingga ms excel benar-benar menjadi solusi yang efektif untuk memmenolong pekerjaan yang kita inginkan.
Istilah istilah diatas yakni istilah yang sangat penting sekali yang harus anda pahami, dan istilah diatas yakni yang akan sering kita libatkan dan gunakan dalam diberinteraksi dengan ms excel,
Demikian artikel sederhana yang sanggup saya share wacana Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula, semoga bermanfaa.